Minggu, 13 November 2011

Obat Tradisional untuk Batuk pada Anak

13 November 2011 

Batuk sering diderita pada bayi dan anak, berikut adalah tips sederhana   yang dapat  membantu meredakan batuk pada bayi dan anak- anak :

1. Madu
Satu sendok madu diketahui dapat membantu meredakan batuk anak di malam hari dan membantu mereka tidur nyenyak. Madu digunakan di seluruh dunia sebagai pengobatan tradisional untuk batuk, dan merupakan alternatif yang aman dan efektif sebagai obat batuk. Rasa manisnya dapat melegakan tenggorokan, selain karena  memiliki efek antimikroba , madu juga mengandung  unsur antioksidan yang  merupakan faktor pereda batuk, akan tetapi perlu dicatat bahwa madu tidak disarankan untuk bayi berusia dibawah satu tahun. Untuk anak -anak yang lebih besar, pada umumnya madu cukup aman digunakan. Dosisnya adalah :
2-5 tahun :  ± ½ sendok teh
6-11 tahun : 1 sendok teh
12 tahun ke atas : 2 sendok teh

2. Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak .
Cara I:  Campur 1 sendok makan perasan jeruk nipis, 3 sendok makan madu murni, 5 sendok air matang. Campuran ini kemudian di tim selama 30 menit. Dosisnya adalah :
1-3 tahun : 2 kali  1 sendok teh
4-5 tahun : 2 kali 1 1/2  sendok teh
Cara II : Potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, masukkan ke dalam gelas, tambahkan kecap manis, aduk sampai tercampur merata. Dosis untuk anak adalah 3 kali 1 sendok teh per hari.

3. Kencur
5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sendok makan air putih matang , kemudian aduk sampai merata, saring dan tambahkan 1 sendok makan madu murni, berikan 2 sampai 3 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar