Kamis, 17 November 2011

Manajemen Diet Penderita Gagal Ginjal

Jika anda penderita gagal ginjal melakukan kebiasaan makan secara normal maka akan terjadi penyimpanan cairan dalam jumlah berlebih di dalam tubuh anda. Ini bisa meningkatkan tekanan darah dan pada gilirannya akan meningkatkan tekanan terhadap jantung. Jadi anda harus memperhatikan kebiasaan makan anda.

  • Batasi masukan cairan dan garam
    Makanan seperti buah, sayur, es krim, sup, jelly, dll. mengandung cairan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung air ini akan meningkatkan masukan cairan dan selanjutnya akan meningkatkan berat tubuh sehingga tubuh bisa membengkak. Dalam rangka untuk membatasi asupan cairan, maka turunkan konsumsi garam. Carilah makanan yang mempunyai kandungan natrium di bawah 400 mg untuk sekali makan.  Ini juga akan melindungi jantung anda. Ketika anda haus maka minumlah jus dalam bentuk es batu dan makan seperti es lilin. Ini akan membantu mengatasi rasa haus anda.

  • Kendalikan masukan kalium
    Jika jumlah kalium meningkat maka hal itu akan mempengaruhi irama jantung dan bisa membawa kepada kematian. Dalam rangka untuk mengendalikan tingkat kalium maka anda harus menghindari pisang, alpukat, buah-buahan kering, melon, belewah, jeruk, aprikot, kentang, tomat, yogurt, kacang, kismis, susu, sarden, apel, pepaya dan daun pepaya, seledri, kembang kol, peterseli, buncis.

  • Kendalikan masukan fosfor
    Ketika jumlah fosfor dalam darah anda meningkat maka hal itu akan menurunkan jumlah kalsium dan membuat tulang dan gigi anda melemah. Selain itu juga akan membuat kulit anda menjadi gatal. Beberapa makanan yang mengandung fosfor adalah susu, kacang polong, keju, kacang, selai kacang, kola, dll.

  • Kendalikan masukan protein
Tubuh memerlukan protein untuk membentuk otot. Tapi bagi penderita penyakit ginjal, kelebihan protein akan menyebabkan gangguan pada pada  yang berakibat terjadi peningkatan sisa hasil metabolisme protein dalam darah dan menambah parah penyakitnya. Anda dapat mencegah hal ini dengan cara mengkonsumsi makanan rendah protein yang ada di sekitar Anda.
Makanan  yang harus dihindari adalah yang ber sumber dari  nabati  karena mempunyai mutu protein yang lebih rendah bila dibandingkan dengan protein hewani. Contoh: tahu, tempe, oncom, kacang-kacangan (kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kedele, dll). Makanan yang mengandung protein tinggi diantaranya adalah ikan, telur, unggas, daging merah, , ayam, hati, keju, udang masih sedikit diperbolehkan tergantung dari tingkat keparahan penyakit.

  • Kalori
Makanan yang harus dibatasi : Nasi, jagung, kentang, makaroni, pasta, hevermout, ubi
Beberapa pengidap gagal ginjal perlu memperbaiki berat tubuh ketika saat akan cuci darah. Jika anda harus menaikkan berat tubuh maka makanlah minyak zaitun, minyak safflower, minyak canola, dll.

 
  • Tidak mengkosumsi Fosfat
Susu, kacang-kacangan yang dikeringkan, dan coklat yang banyak mengandung zat fosfat, sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena akan berakibat kadar fosfat dalam darah Anda meningkat dan menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh.

  • Tidak minum terlalu banyak
Ginjal yang normal dapat mengatur keseimbangan cairan yang masuk dan keluar dari tubuh. Jika ginjal Anda mengalami gangguan, maka akan terjadi masalah pada pembentukan urine. Dalam kondisi seperti ini, Anda harus membatasi konsumsi air per hari  sekitar 500 mililiter melalui minuman dan makanan. Sebaiknya hisaplah air jeruk lemon untuk membasahi bibir Anda yang kering., dan minumlah hanya untuk mengatasi rasa haus saja. Jika Anda juga termasuk penderita diabetes, jagalah kadar gula Anda, agar Anda tidak merasa terlalu haus. 


  • Dianjurkan juga mengonsumsi agar-agar karena selain mengandung sumber energi juga mengandung serat yang larut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar